Senin, 22 Desember 2014

Info Buku

Indahnya Negeri Tanpa Kekerasan

            Susilo Bambang Yudhoyono, akrab disapa SBY, adalah sebuah fenomena di era reformasi. Langkah-langkah kebijakannya memberikan kejutan yang sangat berpengaruh kepada perubahan signifikan menuju masa depan Indonesia yang lebih aman, tertib, adil, sejahtera, dan dinamis. Salah satu contoh adalah keberhasilannya mencari solusi pergolakan di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Padahal sejak tiga decade Aceh terus membara. Ketidakadilan Pemerintah Pusat dan pendekatannya dengan cara-car militer melahirkan perlawanan keras, mulai dari DI/TII Tengku Daud Beureuh sampai Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pimpinan Hasan Tiro.
            Bagi SBY tampaknya tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan. Hanya dalam waktu enam bulan dengan pendekatan soft power, pergolakan di Aceh bukan saja bisa diselesaikan. GAM sendiri, tanpa todongan senjata, dengan sukarela membubarkan diri. Keberhasilan SBY rupanya menimbulkan efek domino kepada konflik-konflik di daerah lain di tanah air.

 Menata Kembali Kehidupan Bangsa

            Indonesia merupakan salah satu dari 124 negara yang secara berangsur-angsur berhasil menarik penduduknya yang miskin ke dalam proses ekonomi yang produktif dan terus berkembang (“The World in 2009”, The Economist). Presiden SBY memutus sama sekali masa lalu bangsanya dengan Orde Baru sebagai negara-rante, yang hanya mengandalkan pendapatannya dari setoran atau rente atas sumber daya alamnya (minyak, gas, hutan) serta dari pinjaman luar negeri. SBY memilih melaksanakan prinsip-prinsip negara-fiskal, yang bersandar pada pajak melalui kerja keras. Pajak diserap dari surplus kegiatan ekonomi, sesuai dengan pasang naik pertumbuhan ekonomi.





 Adil Tanpa Pandang Bulu
            Ada yang membedakan antara buku ini dengan buku-buku sejenis yang berisi tentang kebijakan atau program yang dijalankan seorang pemimpin, pejabat, atau presiden. Lazimnya, isi buku-buku seperti itu bercerita tentang apa saja yang dilakukan oleh sang tokoh atau pejabat yang bersangkutan. Jika bukan itu, seringkali isinya berupa komentar tokoh-tokoh lain tentang kepimpinan dan kebijakan sang pejabat, pemimpin, atau Presiden tersebut. Fakta-fakta yang terjadi di lapangan amat jarang atau hamper tak ada yang ditulis. Justru dalam buku ini sarat fakta dan peristiwa yang akan menjawab apakah komitmen dan kebijakan itu dijalankan sesuai dengan program yang ditetapkan atau justru sebaliknya.
 Peduli Kemiskinan

            Kebijakan menurunkan harga BBM hingga tiga kali merupakan kebijakan yang benar-benar prorakyat, tapi ada lagi kebijakan dan program Presiden SBY yang lebih prorakyat, melalui “gagasan besarnya”. Salah satunya adalah program yang peduli kepada kemiskinan, pro-poor. Apa saja program keberpikahan kepada kemiskinan itu ? dalam buku ini ada banyak program SBY yang peduli kepada kemiskinan, antara lain: bantuan langsung tunai, beras untuk rakyat miskin, pendidikan gratis, kesehatan gratis, bantuan pinjaman, bantuan pertanian, bantuan masyarakat pesisir, kenaikan gaji PNS/TNI/Polri, layanan publik (SIM,STNK, paspor, dan sebagainya), pemberdayaan masyarakat lokal, dan bantuan pinjaman. Lebih gamblangnya berbagai bantuan dan program untuk mengurangi kemiskinan ditulis dalam buku ini.



Menciptakan Keajaiban Hidup

            Tindakan kita selalu mengikuti keyakinan kita. Jika kita yakin bisa mewujudkan sesuatu, maka pikiran akan mencari cara untuk mewujudkannya. Dan secara fisik pun kita siap bekerja keras untuknya. Isi buku ini sesungguhnya merupakan sebuah solusi yang memang lebih bersifat how to terhadap sejumlah persoalan fundamental yang kita alami bersama dalam situasi krisis. Ada sejumlah problem mendasar yang menyebabkan mengapa banyak orang terkena dampak krisis atau bahkan tidak sanggup mengatasi krisis.





Serendipity

            Dalam buku Serendipity ini, kamu akan membaca beberapa penemuan tak disengaja yang paling dramatis dan mengagumkan dalam catatan sejarah dari penemuan tak terduga yang membuat Archimedes bersuka cita sampai ia berlari telanjang di jalan-jalan Sirakus, sampai kecelakaan yang menyebabkan ditemukannya penisilin oleh Alexander Fleming yang menobatkannya sebagai pemenang hadiah Nobel . Royston Roberts menceritakan cerita-cerita tentan penemuan yang tidak disengaja, baik penemuan besar atau kecil, dari penemu Velcro sampai perlengkapan tenaga nuklir. Cerita-cerita dalam buku ini meliputi bidang fisika, kimia, biologi, astronomi, arkeologi, dan masih banyak lagi. Para ilmuwan akan menghargai informasi teknis dan rumus-rumus atau formula yang tersebar di buku ini. Setiap orang akan menikmati cerita tentang penemu dan hasil temuannya.


Atletik Cabang Lempar

            Olahraga dikembangkan oleh bangsa kita tidak hanya sekedar untuk mencapai kesegaran jasmani dan rohani, tidak sekedar untuk memenuhi motto klasik yang berbunyi “Men Sana ini Corporesano” dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Mengingat jiwa yang kuat terdapat pada tubuh yang sehat, tubuh yang sehat akan memengaruhi cara pandang dan cara berpikir kita dalam mengatasi sebuah permasalahan. Olahraga merupakan bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan, dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kemenangan, dan prestasi optimal. Dengan terbitnya buku “Atletik Cabang Lempar” ini diharapkan memberikan informasi kepada generasi muda sebagai penerima estafet untuk selalu meningkatkan bakat dalam bidang atletik hingga mencapai prestasi yang gemilang.


Mengenal Teater di Indonesia

            Teater dalam arti luas adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Dalam arti sempit, teater adalah drama yang berisi kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas dengan media : percakapan, gerak, dan laku berdasarkan pada naskah tertulis. Buku ini menguraikan tentang teater yang berkaitan dengan perkembangan pementasannya. Lata belakang pertumbuhan teater di Indonesia, dan fungsi teater bagi kita. Semoga kehadiran buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan pemerhati seputar teater dan drama di Indonesia.




Anatomi dan Fisiologi

            Jika mengerti bagaimana tubuhmu dibentuk serta berbagai fungsi yang dilakukannya, kamu akan lebih menghargai tubuhmu lebih dari sebelumnya. Tubuh manusia sangat rumit dan mempunyai banyak sistem. Pemahaman umum tentang biologi sangat membantu untuk memahamio anatomi, namun tidak penting. Pengetahuan umum tentang kimia bermanfaat dalam mempelajari fisiologi. Jangan khawatir jika kamu tidak mempunyai pengetahuan itu, buku ini memberikan kepadamu hal-hal yang sifatnya sangat mendasar sehingga kamu dapat mengerti kelanjutannya.






Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri

            Rasa percaya diri itu bukanlah bakat, bukan pula karunia dari Tuhan. Rasa percaya diri bisa dimiliki oleh siapa pun. Rasa percaya diri bisa ditumbuhkan, dibangun, dan diupayakan. Rasa percaya diri memberikan banyak manfaat dalam kehidupanmu. Apakah kamu termasuk remaja percaya diri? Atau, kamu termasuk remaja yang kurang percaya diri?
            Sebelum kamu menjawabnya, bacalah terlebih dahulu buku ini. Buku Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri akan menjelaskan kepadamu tentang apa sih percaya diri itu? Apakah ciri-ciri percaya diri itu? Apa bedanya percaya diri dengan sombong? Bagaimana cara membangun percaya diri ?




 Mengenal Aneka Cabang Olahraga

            Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain sebagai kegiatan rekreasi, olahraga juga membuat badan kita menjadi sehat. Akan tetapi, sering kita tidak sempat berolahraga dengan berbagai alasan. Buku ini memberikan gambaran ringkas tentang beberapa cabang olahraga dan aturan permainannya. Dengan memahami aturan cabang tersebut, diharapkan pembaca dapat menerapkannya dengan benar atau sekedar sebagai tambahan pengetahuan.






Olahraga Alam

            Olahraga alam merupakan olahraga yang menawarkan berbagai petualangan, tantangan, dan sensasi. Sensasi pada olahraga alam berupa rasa kepuasaan, meningkatkan mental atau keberanian, dan hal yang tidak bisa di tandingi. Olahraga alam meliputi pendakian gunung, panjat tebing, susur gua, olahraga arus deras, dan lainnya. Buku olahraga ini disusun sebagai upaya membantu siswa agar mengenal lebih jauh tentang olahraga alam. Buku ini terdiri atas beberapa topik bahasan, yaitu tentang pendakian gunung, panjat tebing, susur gua, olahraga arus deras, paralayang, dan sepeda gunung.





UKS

            Usaha Kesehatan Sekolah atau UKS adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah, dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan, dan membimbing untuk menghayati, menyenangi, dan melaksanakn prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Oleh karena itu, dipandang perlu adanya pemberdayaan tatanan UKS pada setiap jenjang dalam rangka memantapkan pelaksanaan program-program UKS. Namun, berdasarkan pengamatan Tim Pembina UKS Pusat, ternyata pelaksanaan UKS sampai dengan saat ini dirasakan masih kurang sesuai dengan yang diharapkan. Buku ini pun menjadi pegangan bagi para pendidik untuk menggiatkan kembali program UKS kepada anak-anak didiknya. Buku ini memuat sejarah UKS di Indonesia , apa saja program-program sosial yang digalakkan oleh UKS, serta bagaimana menjadikan UKS sebagai wadah untuk mendidik generasi bangsa menjadi generasi yang bertanggung jawab dan mengasihi sesama.
Merangkai Kata Menguntai Nada

            Kepiawaian SBY menulis puisi dan membacakannya di depan umum adalah salah satu yang membedakan dirinya dengan presidn-presiden terdahulu. Hal itu makin mendekatkan SBY dengan rakyatnya. Karena sosok SBY sebagai presiden tidak “menakutkan”. Meski begitu, SBY tetap berwibawa. Rakyat tetap hormat dan segan padanya.
Membaca puisi-puisi karya SBY, kita akan terbuai dalam keindahan rangkaian kata-katanya. Juga bisa terpesona oleh kedalaman isinya. Laksana puisi karya penyair besar, tak disangka, itu puisi seorang politisi. SBY juga pintar menciptakan lagu. Ia bahkan sudah mengeluarkan album lagu-lagu ciptaanya.
SBY mengaku punya hobi main musik dan menciptakan lagu. Rasanya wajar saja SBY sebagai manusia normal mempunyai hobi dan mengekspresikannya dalam bentuk album sehingga dapat dinikmati oleg orang lain. Benar, sambil terus memimpin negeri ini, biarkan SBY tetap merangkai kata dan menguntai nada.


Sains Dibuat Mudah I

            Proses kehidupan pada setiap makhluk hidup terjadi dalam suatu ekosistem yang didalamnya terdapat beberapa faktor yangmendukung kehidupan makhluk hidup itu sendiri. Selain itu, proses kehidupan makhluk hidup tidak lepas dari proses yang terjadi di dalam tubuhnya, seperti pengindraan, pencernaan, pernapasan, dan perkembangbiakan. Semua hal tersebut merupakan bagian yang dilalui dalam proses kehidupan setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup tidak akan bisa lepas dari proses yang terjadi baik di dalam tubuh maupun di luar tubuhnya. Oleh karena makhluk hidup sangat bergantung pada faktor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar