Sabtu, 20 Desember 2014

Info Buku

Budaya

Buku ini ditulis oleh Achmad Buchory untuk memberi tahu pembaca tentang budaya. Dalam buku ini dijelaskan tentang pengertian kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan, fungsi kebudayaan badi masyarakat, cara pandang terhadap kebudayaan, bahasa, sistem kepercayaaan, dan perubahan sosial. Budaya atau kebudayaan sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.




Cara Praktis Belajar Sempoa Sendiri

Buku yang disusun oleh Ester Oen Oen dan diterbitkan oleh PT Widya Duta Grafika dalam buku ini anak dituntun  untuk belajar sempoa tahap demi tahap meskipun tanpa didampingi guru. Buku ini dilengkapi dengan soal-soal latihan berhitung dan cara membaca manik pada sempoa.  Sempoa sendiri adalah sebuah alat hitung yang terbuat dari kayu atau plastik. Alat ini dapat digunakan menghitung sampai berapapun dengan cara yang menyenangkan.




Mengenal Alat Musik
Dalam buku ini, Rima Yuliastuti mengajak para pembaca untuk mengenal berbagai alat musik tradisional yang ada di tanah air. Untuk memperkaya pengetahuan siswa, dipaparkan pula berbagai alat musik tradisional dan non tradisional dari negara lain. Diharapkan dengan mengenal dan mempelajari berbagai alat musik, akan tumbuh apresiasi terhadap keberadaan seni musik di tanah air. Beberapa kebihan buku ini yaitu materi disusun sesuai tingkat perkembangan siswa, bahasa yang digunakan komunikatif, lugas, dan sederhana, disertai gambar-gambar yang membantu pemahaman siswa.





Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba

Di dalam buku yang ditulis oleh Weni Rahayu kita akan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan orang terjerumus ke dalam narkoba. Kita juga akan mengetahui ciri-ciri pemakai narkoba dan cara menghindarkan diri dari pengaruh narkoba. Selain itu, kita juga akan belajar memahami aspek hukum bagi para pemakai, pengedar, dan bandar narkoba. Semoga pengetahuan mengenai hal-hal tersebut dapat membantu kita untuk menangkal pengaruh narkoba yang semakin kuat. Ingat, jangan coba-coba bersentuhan dengan narkoba!!!


Keterampilan Dasar Membuat Batik
Buku ini berisi tentang sejarah batik, jenis-jenis batik, serta pembuatan batik. Batik tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuat pakaian, zaman sekarang batik sudah menjadi fashion dan trenddi kalangan anak muda. Kecintaan terhadap batik juga akan memupuk jiwa nasionalisme pada diri masing-masing. Penulis Miftahul Jannah berharap pembaca mau mempelajari  seni batik dan menggunakan batik sebagai bentuk cinta kepada bangsa.





Aneka Tari Anak-anak

Buku ini menyajikan banyak tari, ada tari kumbang, ada tari petak umpet, tari ciat-ciat, dan lain-lain. Semua gerak dapat ditirukan dengan mudah, sebab buku ini disertai dengan gambar. Dalam tarian kita dapat mengungkapkan kegembiraan, kesenangan, dan kekaguman. Menurut Ari Subekti anak yang sehat selalu bergerak, berlari ke sana kemari, melompat-lompat sesuka hati, bermain dengan riang, dan bercanda suka ria. Tari dapat diartikan ungkapan perasaan manusia. Perasaan diungkapkan dalam gerak-gerak tari yang indah.





Mengenal Produk Nasional Batik dan Tenun

Kerajinan batik dan tenun merupakan kerajinan turun-temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia. Kerajinan ini tidak murni berasal dari Indonesia, tetapi telah menjadi hasil karya nenek moyang kita. Batik dan tenun merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia yang bernilai tinggi. Sebagai warga negara yang baik harus dapat melestarikan dan menjaga warisan dari leluhur. Teguh Prayitno sebagai penulis buku ini mengajak kita untuk mengetahui lebih banyak tentang kerajinan batik dan tenun.


Panduan Melukis dengan Cat Minyak

Dalam buku ini penulis Phillip Berril mengenalkan teknik-teknik melukis dengan cat minyak. Cat minyak dibuat dengan menggabungkan zat warna dengan minyak pengering atau semi pengering. Dalam buku ini penulis membuat teknik-teknik melukis dengan cat minyak menarik diikuti oleh pembaca. Penulis juga mengenalkan kita kepada kesenangan dan keasyikan Melukis dengan Cat Minyak.





Kisah di Balik Minyak Bumi
Minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Proses terbentuknya minyak bumi memakan waktu berjuta-juta tahun. Minyak bumi berasal  dari hewan-hewan yang tertimbun lapisan tanah dalam waktu yang sangat lama. Kemudian manusia memanfaatkan minyak bumi untuk keperluan hidupnya. Buku yang ditulis oleh Soekardi  diharapkan menambah pengetahuan kita tentang minyak bumi. Tidak ada satupun ciptaan Tuhan yang tidak bermanfaat, semuanya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar