Senin, 22 Desember 2014

Info Buku

EFFECTIVE ENGLISH

Buku Effective English ini disusun dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) . Buku ini sangat istimewa dengan dukungan unsur-unsur berikut : 1) Penyajian materi integrasi dengan unsure budi pekerti dan penggunaan bahasa yang sederhana dan bermakna. 2) Skills Map (Peta Keterampilan) berisi kerangka buku secara global. Bagian ini berisi kompetensi dasar, yaitu empat keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa setelah mempelajari materi dalam buku. 3) Untuk lebih memperbanyak pengayaan siswa, disajikan review yaitu pada bagian final semester.






 BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN SMP/MTs KELAS VIII

Buku ini dipersiapkan untuk mendukung kebijakan Kurikulum 2013 yang mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di sekolah.  Sesuai dengan Kurikulum 2013, buku siswa kelas VIII berisi lima bab yang terdiri atas jenis teks fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan. Melalui buku ini diharapkan siswa mampu memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Dalam pembelajaran bahasa yang berbasisteks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi menjadi sumber aktualisasi diri.






BAHASA INGGRIS “When English Rings a Bell”Kelas VIII

Buku bahasa Inggris When English Rings a Bell untuk kelas VIII SMP/MTs ini bertujuan member kesempatan sebanyak-banyaknya kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi literasi dalam bahasa Inggris, yaitu kemampuan mencapai tujuan atau mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan baik teks lisan maupun tulis sebagai alat utamanya. Sesuai dengan KI dan KD mata pelajaran bahasaI nggris di kelas VIII, buku ini mengajarkan tiga jenis kompetensi komunikatif, yang dibedakan berdasarkan fungsi sosialnya, yaitu interpersonal, transaksional, dan fungsional. Penguasaan tersebut mutlak disertai pengembangan sikap dan karakter yang menghargai dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur agama dan budaya Indonesia.





 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan bagian integrall dari pendidikan secara keseluruhan, oleh karena itu pendidikan melalui aktivitas fisik ini diharapkan akan menumbuhkan sikap spiritual, social, serta memiliki keterampilan dalam aktivitas gerak pada siswa. Buku jasmani, olahraga, dan kesehatan dirancang untuk menumbuhkan generasi yang mampu menghadapi tantangan masa kini dan masa yang akan datang, untuk itu penulis menyajikan deskripsi yang diperjelas dengan ilustrasi agar siswa mudah untuk memahami dan menguasai maksud dan tujuan pembelajaran yang dilakukan di sekolah.






BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Materi dalam buku ini mengacu pada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2002 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Sementara itu, untuk melengkapi pemahaman siswa tentang materi yang tersaji dalam buku ini juga disajikan ikon-ikon, di antaranya : Pengantar Bab, Peta Konsep, Latihan, Jelajah Pustaka, Jendela Bahasa, Untuk Diingat, Rangkuman, Dan Uji Kompetensi.





 SENI RUPA

Dengan buku ini, peserta didik akan mengenal berbagai aliran ,tokoh, dan karya seni rupa. Peserta didik juga dibimbing untuk pandai mengapresiasi karya seni rupa. Bahkan dengan buku ini, siswa diajak untuk membuat karya sendiri dan memamerkannya. Tentu saja bimbingan itu disajikan dalam pembahasan materi serta pelatihan-pelatihan yang membuat siswa senang mempelajarinya.









BAHASA INDONESIA UNTUK SMP/MTs Kelas VII

Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam berbahasa dab bersastra Indonesia. Materi yang disajikan dalam buku ini telah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yang  harus diterapkan untuk anak usia kelas VII SMP/MTs. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana serta menyajikan topik-topik permasalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mudah untuk dipahami.







BAHASA INGGRIS “When English Rings a Bell”Kelas VII

Pembelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu aspek pendukung dalam pengembangan diri peserta didik dalam menghadapi era globalisasi. Buku Bahasa Inggris Kurikulum 2013 memberikan pendekatan yang lebih bersahabat bagi para peserta didik. Materi yang berfokus kepada kehidupan peserta didik sehari-hari diharapkan dapat diaplikasikan secara langsung dalam komunikasi aktif kepada semua orang disekitarnya.







 SPM PLUS

Buku SPM Plus UN SMP/MTs 2012 ini adalah sarana yang tepat untuk menuju sukses UN SMP/MTs tahun 2012. Tahapan persiapan tuntas UN diawali dengan mempelajari materi esensial per bidang studi sesuai dengan kisi-kisi dan kemampuan yang akan diujikan. Setiap butir Kompetensi dilengkapi dengan soal-soal model UN sebagai sarana untuk mengukur daya serap dan membiasakan untuk menyelesaikan soal-soal UN. Tahap berikutnya adalah tryout mandiri dengan cara mengerjakan soal-soal UN yang tersaji dalam paket prediksi soal UN 2012.






PRAKARYA

Mata pelajaran Prakarya terdiri dari aspek kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan. Dasar pembelajaran Prakarya yang berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai kearifan local dan nilai keunggulan local, sehingga berkembang semangat melestarikan potensi daerah dan nilai-nilai budaya bangsa.







ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Dalam Kurikulum 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dikembangkan secara terpadu, tidak dipisah dalam kelompok Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Pembelajaran IPS diintegrasikan melalui konsep ruang dan waktu. Tujuan IPS lebih menekankan pada pengetahuan terhadap bangsanya, semangat kebangsaan, patriotism, serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.






 MATEMATIKA

Pembelajaran matematika diarahkan agar peserta didik mampu berpikir rasional dan kreatif, mampu berkomunikasi dan bekerjasama. Pembelajaran matematika dalam buku ini mempertimbangkan koneksi matematika dengan masalah nyata, bidang ilmu lain, dan antarmateri matematika di dalamnya.










PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) kelas VIII memiliki empat kompetensi inti yang dijabarkan ke dalam 22 Kompetensi Dasar (KD). Bredasarkan jumlah KD terutama yang terkait dengan penjabaran KI ke-3, buku siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) disusun menjadi tujuh bab, yaitu
1) Merajut manusia dan masyarakat berdasarkan Pancasila
2) Menyemai kesadaran berkonstitusi dalam bernegara
 3) Disiplin itu indah
4) Menjelajah masyarakat Indonesia
5) Kita semua sederajat dan bersaudara
6) Pemuda penentu masa depan Indonesia
7) Bersatu kita teguh.




 BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN UNTUK KELAS VII

Buku ini disiapkan untuk mendukung kebijakan Kurikulum 2013 yang mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di sekolah. Di dalam buku ini ditegaskan pentingnya bahasa Indonesia sebagai pembawa pengetahuan (Carrier of Knowledge). Sesuai dengan Kurikulum 2013, buku siswa kelas VII ini berisi delapan pelajaran yang terdiri atas jenis tekslaporan hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan teks cerita pendek.





ILMU PENGETAHUAN ALAM

Buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini disusun untuk membawa siswa dalam mempelajari dan memahami konsep IPA sesuai Kompetensi Dasar yang diharapkan dalam Kurikulum 2013. Buku ini terdiri dari Sembilan bab yang disusun secara runtut mengikuti struktur kompetensi dasar dan dibagi dalam empat tema besar yaitu materi (bab 1, 2, dan 3), sistem (bab 4 dan 5), perubahan (bab 6,7, dan 8) dan interaksi (bab 9). Pembagian tema ini dimaksudkan agar siswa dapat dengan mudah memahami dan mengaitkan konsep-konsep yang terdapat pada masing-masing bab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar