EFFECTIVE ENGLISH
Buku Effective English ini disusun dengan menggunakan
pendekatan CTL (Contextual Teaching and
Learning) . Buku ini sangat istimewa dengan dukungan unsur-unsur berikut :
1) Penyajian materi integrasi dengan unsure budi pekerti dan penggunaan bahasa
yang sederhana dan bermakna. 2) Skills
Map (Peta Keterampilan) berisi kerangka buku secara global. Bagian ini berisi
kompetensi dasar, yaitu empat keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa setelah
mempelajari materi dalam buku. 3) Untuk lebih memperbanyak pengayaan siswa,
disajikan review yaitu pada bagian
final semester.
BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN SMP/MTs
KELAS VIII
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung kebijakan Kurikulum
2013 yang mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di
sekolah. Sesuai dengan Kurikulum 2013,
buku siswa kelas VIII berisi lima bab yang terdiri atas jenis teks fabel,
biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan. Melalui buku ini diharapkan siswa mampu
memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Dalam
pembelajaran bahasa yang berbasisteks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekadar
sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi menjadi
sumber aktualisasi diri.
BAHASA INGGRIS “When English Rings a Bell”Kelas
VIII
Buku bahasa Inggris When English Rings a Bell
untuk kelas VIII SMP/MTs ini bertujuan member kesempatan sebanyak-banyaknya kepada
peserta didik untuk mengembangkan potensi literasi dalam bahasa Inggris, yaitu kemampuan
mencapai tujuan atau mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan
baik teks lisan maupun tulis sebagai alat utamanya. Sesuai dengan KI dan KD
mata pelajaran bahasaI nggris di kelas VIII, buku ini mengajarkan tiga jenis kompetensi
komunikatif, yang dibedakan berdasarkan fungsi sosialnya, yaitu interpersonal,
transaksional, dan fungsional. Penguasaan tersebut mutlak disertai pengembangan
sikap dan karakter yang menghargai dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur
agama dan budaya Indonesia.
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan
bagian integrall dari pendidikan secara keseluruhan, oleh karena itu pendidikan
melalui aktivitas fisik ini diharapkan akan menumbuhkan sikap spiritual,
social, serta memiliki keterampilan dalam aktivitas gerak pada siswa. Buku
jasmani, olahraga, dan kesehatan dirancang untuk menumbuhkan generasi yang
mampu menghadapi tantangan masa kini dan masa yang akan datang, untuk itu penulis
menyajikan deskripsi yang diperjelas dengan ilustrasi agar siswa mudah untuk memahami
dan menguasai maksud dan tujuan pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Materi dalam buku
ini mengacu pada Permendiknas Nomor 22
Tahun 2002 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan. Sementara itu, untuk melengkapi pemahaman siswa tentang
materi yang tersaji dalam buku ini juga disajikan ikon-ikon, di antaranya : Pengantar Bab, Peta Konsep, Latihan, Jelajah
Pustaka, Jendela Bahasa, Untuk Diingat, Rangkuman, Dan Uji Kompetensi.
SENI RUPA
Dengan buku ini, peserta didik akan mengenal berbagai
aliran ,tokoh, dan karya seni rupa. Peserta didik juga dibimbing untuk pandai mengapresiasi
karya seni rupa. Bahkan dengan buku ini, siswa diajak untuk membuat karya sendiri
dan memamerkannya. Tentu saja bimbingan itu disajikan dalam pembahasan materi serta
pelatihan-pelatihan yang membuat siswa senang mempelajarinya.
BAHASA INDONESIA UNTUK SMP/MTs Kelas VII
Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan peserta
didik dalam berbahasa dab bersastra Indonesia. Materi yang disajikan dalam buku
ini telah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yang harus diterapkan untuk anak usia kelas VII
SMP/MTs. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana serta menyajikan topik-topik
permasalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mudah untuk dipahami.
BAHASA INGGRIS “When English Rings a Bell”Kelas
VII
Pembelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu
aspek pendukung dalam pengembangan diri peserta didik dalam menghadapi era
globalisasi. Buku Bahasa Inggris Kurikulum 2013 memberikan pendekatan yang
lebih bersahabat bagi para peserta didik. Materi yang berfokus kepada kehidupan
peserta didik sehari-hari diharapkan dapat diaplikasikan secara langsung dalam komunikasi
aktif kepada semua orang disekitarnya.
SPM PLUS
Buku SPM Plus UN SMP/MTs 2012 ini adalah sarana
yang tepat untuk menuju sukses UN SMP/MTs tahun 2012. Tahapan persiapan tuntas
UN diawali dengan mempelajari materi esensial per bidang studi sesuai dengan kisi-kisi
dan kemampuan yang akan diujikan. Setiap butir Kompetensi dilengkapi dengan soal-soal
model UN sebagai sarana untuk mengukur daya serap dan membiasakan untuk menyelesaikan
soal-soal UN. Tahap berikutnya adalah tryout
mandiri dengan cara mengerjakan soal-soal UN yang tersaji dalam paket prediksi
soal UN 2012.
PRAKARYA
Mata pelajaran Prakarya terdiri dari aspek kerajinan,
rekayasa, budidaya, dan pengolahan. Dasar pembelajaran Prakarya yang berbasis budaya
ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai kearifan local dan nilai keunggulan
local, sehingga berkembang semangat melestarikan potensi daerah dan nilai-nilai
budaya bangsa.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Dalam Kurikulum 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) dikembangkan secara terpadu, tidak dipisah dalam kelompok Geografi,
Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Pembelajaran IPS diintegrasikan melalui konsep
ruang dan waktu. Tujuan IPS lebih menekankan pada pengetahuan terhadap bangsanya,
semangat kebangsaan, patriotism, serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam
ruang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
MATEMATIKA
Pembelajaran matematika diarahkan agar peserta didik
mampu berpikir rasional dan kreatif, mampu berkomunikasi dan bekerjasama.
Pembelajaran matematika dalam buku ini mempertimbangkan koneksi matematika dengan
masalah nyata, bidang ilmu lain, dan antarmateri matematika di dalamnya.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Mata pelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) kelas VIII memiliki empat kompetensi
inti yang dijabarkan ke dalam 22 Kompetensi Dasar (KD). Bredasarkan jumlah KD
terutama yang terkait dengan penjabaran KI ke-3, buku siswa mata pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) disusun menjadi tujuh bab, yaitu
1) Merajut manusia
dan masyarakat berdasarkan Pancasila
2) Menyemai kesadaran
berkonstitusi dalam bernegara
3) Disiplin itu indah
4) Menjelajah masyarakat
Indonesia
5) Kita semua sederajat
dan bersaudara
6) Pemuda penentu
masa depan Indonesia
7) Bersatu kita
teguh.
BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN UNTUK
KELAS VII
Buku ini disiapkan untuk mendukung kebijakan Kurikulum
2013 yang mempertahankan bahasa Indonesia berada dalam daftar pelajaran di
sekolah. Di dalam buku ini ditegaskan pentingnya bahasa Indonesia sebagai pembawa
pengetahuan (Carrier of Knowledge).
Sesuai dengan Kurikulum 2013, buku siswa kelas VII ini berisi delapan pelajaran
yang terdiri atas jenis tekslaporan hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan teks cerita pendek.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
ini disusun untuk membawa siswa dalam mempelajari dan memahami konsep IPA
sesuai Kompetensi Dasar yang diharapkan dalam Kurikulum 2013. Buku ini terdiri dari
Sembilan bab yang disusun secara runtut mengikuti struktur kompetensi dasar dan
dibagi dalam empat tema besar yaitu materi (bab 1, 2, dan 3), sistem (bab 4 dan
5), perubahan (bab 6,7, dan 8) dan interaksi (bab 9). Pembagian tema ini dimaksudkan
agar siswa dapat dengan mudah memahami dan mengaitkan konsep-konsep yang
terdapat pada masing-masing bab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar