Senin, 22 Desember 2014

Info Buku

Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an

Buku yang dikarang oleh Miftah F. yang berisi tentang kisah-kisah kerajaan yang terdapat dalam Al-Qur’an yang disertai dengan ayat-ayat atau Firman Allah SWT yang mendukung kisah kerajaan tersebut. Buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi siswa. Dengan membaca buku ini mudah-mudahan siswa dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah-kisah kerajaan tersebut. Uraian cerita dalam buku ini disajikan secara ringkas dan sederhana dari sekian banyak kisah-kisah kerajaan dalam Al-Qur’an.





 Jendela Hati

Buku ini dikarang oleh Sari Pusparini Soleh. Buku ini bisa menjadi alat komunikasi atau jembatan antara pemimpin dan rakyatnya. Melalui buku, rakyat bisa memahami sosok, kehidupan, dan pemikiran-pemikiran dari pemimpinnya. Buku seri pemimpin bangsa seperti ini bisa dijadikan sebagai media pendidikan politik dan pendidikan kewarganegaraan. Buku ini akan mengajak Anda mengenal SBY lebih dekat: menelusuri kilasan perjalanan hidupnya, menyelami pemikirannya, memahami konflik batin di setiap pengambilan keputusannya, serta menelisik sisi kemanusiaannya. Inilah buku yang menunjukkan jendela hati SBY, apa adanya.







 Kumpulan Hadits tentang Akhlaq Terpuji
Buku ini dikarang oleh Soleh Hidayat, yang berisi kumpulan hadits tentang akhlak-akhlak terpuji menurut ajaran Islam yang disertai dengan penjelasannya. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengetahui, memahami, dan menerapkannya dalam bentuk sikap, perbuatan, serta tingkah laku sehari-harinya. Buku ini menjelaskan secara ringkas dan sederhana mengenai kumpulan hadits dari sekian banyak hadits yang menjelaskan tentang akhlak terpuji.







 Pesona Masyarakat Tengger
Buku ini dikarang oleh Achmad Sapari, yang berisi tentang masyarakat Tengger. Tengger merupakan sebuah kawasan yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Masyarakatnya sebagian besar beragama Hindu dan memiliki budaya yang khas. Buku ini sengaja disusun agar anak-anak mengenal lebih dekat dengan masyarakat Tengger. Bagi yang belum pernah mendatangi kawasan Tengger agar memiliki pengetahuan tentang kehidupan masyarakat Tengger. Adapun bagi yang sudah mendatangi lokasi agar semakin memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas. Kekhasan budaya dan adat istiadat masyarakat Tengger perlu dikenal dan dilestarikan. Oleh karena itu penulis ingin mengajak anak-anak untuk berkelana mengenal masyarakat Tengger lebih dekat.






 
Waspadai PMS di Kalangan Remaja
Buku ini dikarang oleh Sri Mintarjo. Buku ini mencoba mengurai benang kusut seputar permasalahan remaja, mulai dari perkembangan fisik, sosial, dan emosi yang terjadi pada diri remaja akibat pematangan hormon seksualitas lalu mengaitkannya dengan masalah PMS. Memang tidak selalu ada benang merah antara masalah seksual remaja dan PMS. Namun setidaknya, pemahaman masalah PMS dapat menjadi pengetahuan yang berguna bagi remaja untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan dihampiri PMS.










Memahami Pemerintahan Indonesia
Buku ini dikarang oleh Prof. Drs. C. S. T. Kansil, SH dan Christine S. T. Kansil, SH, MH. Memahami sebuah pemerintahan berarti memahami sebuah dinamika kesejarahan dalam pergumulan mencari jati diri. Keberadaannya dipengaruhi dan memengaruhi pemerintahan yang lain. Demikian juga perjalanan bangsa ini tidak lepas dari dikotomi tersebut. Ketika bangsa ini mulai tumbuh kesadaran bahwa kemerdekaan manusia adalah hak dasar dalam hidup bersama, maka hal-hal yang menghalangi hak tersebutdigugat, dipertanyakan. Percikan kesadaran tersebut di atas, menggugah pemikiran-pemikiran dan tindakan untuk menyususn langkah konkret demi terwujudnya kehidupan bersama yang bebas dari dan bebas untuk menentukan nasibnya dalam membangun masa depan bersama. Buku ini mencoba menelusuri “masa-masa pertumbuhan awal” Bangsa Indonesia. Masa di mana kita belajar membangun sebuah pemerintahan dengan segala dinamika jatuh bangun seperti bayi yang sedang belajar untuk berdiri di atas kaki sendiri




Raihlah Bintang Bintang
Buku ini dikarang oleh Sakti Wibowo dan Sheana Rifki. Novel ini mengisahkan tentang seorang siswi kelas 2 sebuah SMA Negeri di  Wonogiri bernama Danisa Mustikawuri, yang berjuang melawan penyakit leukemianya. Dia termasuk siswi yang dinamis, periang, dan cerdas. Kenyataan bahwa ia menderita leukemia ini membuat sikapnya terhadap keluarga maupun teman-temannya di sekolah berubah drastis, termasuk terhadap sahabatnya Viona. Dia menjadi sangat sensitif, mudah tersinggung, suka menyendiri, dan murung. Aldy adalah siswa baru di kelasnya, yang tanpa disadari mampu menyulut semangat Danis untuk semakin ceria dari hari ke hari. Bagaimana sosok Aldy di mata Danis sebenarnya? Apa yang dilakukan Aldy hingga mampu menyulut semangat hidup Danis? Suatu hari, hal buruk yang tak pernah terduga sebelumnya menimpa Aldy. Apa yang terjadi pada Aldy? Bagaimana Danis menghadapi keadaan ini?




Pengembangan Kepribadian

Buku yang dikarang oleh Dra. Hj. Inge Hutagalung, M.Si ini menjelaskan tentang pengembangan kepribadian. Kepribadian bukanlah sesuatu yang dapat dikenakan ataupun ditanggalkan sebagaimana orang mengenakan pakaian ataupun mengikuti gaya mode tertentu. Kepribadian adalah tentang diri pribadi secara keseluruhan. Kepribadian adalah sesuatu yang unik pada diri masing-masing individu. Kepribadian menentukan reaksi individu terhadap lingkungannya. Pengembangan kepribadian merupakan hasil atas produk lingkungan sosial budaya (peran orang tua, anggota keluarga dan lainnya). Pengembangan kepribadian yang didasari pada kesadaran., kemauan / niat / motivasi, dan pengetahuan, akan membawa individu berkembang menuju pribadi positif, yaitu pribadi yang mampu menyenangi dan menghargai diri sendiri, sebagaimana sikapnya terhadap orang lain.




 English in Focus
Buku ini dikarang oleh Artono Wardiman, Masduki B. Jahur, dan M. Sukirman Djusma. Di dalam buku ini terdapat empat kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Semua komponen yang ada di buku ini membantu siwa untuk lebih mudah memahami Bahasa Inggris, dan dapat digunakan sebagai media komunikasi. Buku ini juga memberikan berbagai teori yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah mengembangkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris.






Teknologi Informasi dan Komunikasi

Buku yang dikarang oleh Dhanang Sukmana Adi dan Yuliyani Siyamtiningtyas, disusun dengan tujuan membantu peserta didik untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar peserta didik mampu mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif, dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Konsep materi dalam buku ini, disajikan secara sistematis dan runtut, dengan bahasa yang sederhana dan ejaan yang digunakan mengacu pada pedoman EYD, sehingga pesan atau informasi yang disampaikan mudah dipahami peserta didik. Selain itu diberikan contoh-contoh soal yang dapat membantu menguatkan pemahaman konsep yang ada di materi, sehingga peserta didik lebih mudah dan mampu memahami isi buku ini secara utuh.




 Matematika Konsep dan Aplikasinya
Buku ini dikarang oleh Dewi Nuharini dan Sri Wahyuni. Membantu siswa belajar matematika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Di dalam buku ini akan dijumpai soal-soal yang dapat melatih keterampilan siswa. Ada Tugas Mandiri yang akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari. Diskusi akan mendorong siswa untuk lebih bersemangat dalam bekerja sama. Soal Tantangan akan memotivasi siswa dalam memahami konsep. Pelangi Matematika akan menambah pengetahuan dan wawasan siswa mengenai tokoh yang berjasa besar pada konsep yang sedang dipelajari. Tips akan membantu siswa memahami konsep yang sedang dipelajari. 



Science, Environtment, Technology & Society

Buku ini dikarang oleh Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd. buku ini diperuntukkan bagi pembaca atau siapa saja yang berminat untuk mengetahui dan memahami perkembangan di dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam buku ini, disajikan tema-tema yang menarikdengan dilengkapi ilustrasi gambar yang di usahakan sesuai dengan temanya, dengan tujuan agar para pembaca dapat memahami dengan mudah setiap materi yang dibahas. Seri Pustaka Pengetahuan ini terdiri atas lima buku, yaitu : (1) Sejarah dan Peradaban Dunia, (2) Sains dan Teknologi, (3) Bumi dan Ruang Angkasa, (4) Dunia Hewan dan Tumbuhan dan (5) Tubuh Kita dan Kesehatan.






Eksperimen IPA 4
Buku ini dikarang oleh Henny Syatiriah. Buku ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi topik-topik mengenai dunia sains yang sangat menarik. Eksperimen pada buku ini menjelaskan bagaimana cahaya dapat membentuk pola-pola yang indah mempesona. Pola-pola tersebut terbentuk karena cahaya memiliki sifat-sifat yang khas; di antaranya dapat memantul pada suatu obyek, membelok saat melewati suatu zat, bergelombang saat melewati celah yang sempit, menyebar saat mengenai partikel-partikel kecil, dan saling mencampuri atau mengganggu. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar berwarna yang menerangkan rincian setiap eksperimen. Sehingga diharapkan siapa saja yang membaca buku ini akan merasa seperti apa seorang ilmuwan professional bekerja.






Seri Fakta dan Rahasia Dibalik Candi, Candi Masa Majapahit
Buku ini dikarang oleh Daniel Agus Maryanto. Buku ini disusun sebagai pelengkap buku Candi Pra Majapahit karena akar sejarah yang melatarbelakangi lahirnya peninggalan-peninggalan purbakala itu sangat berkaitan erat. Buku ini mengungkap fakta dan rahasia sisa-sisa peradaban Majapahit tidak hanya di sekitar Trowulan dan wilayah Jawa Timur lainnya, tetapi sampai di Jawa Tengah, yaitu Candi Cetha dan Candi Sukuh. Sisa-sisa peradaban tersebut tidak hanya berupa candi, tetapi dapat berupa petirtaan, gua, dan gapura.








Peristiwa Sastra Melayu Lama

Buku yang dikarang oleh Soetarno ini, berisi tentang Sejarah Sastra Melayu Lama dan Kesusastraan Zaman Peralihan ditambah dengan ha-hal yang perlu diketahui oleh para siswa sebagai tunas bangsa yang akan mewarisi kebudayaan nenk moyangnya. Saat ini, bahan bacaan sastra masih sangat minim. Padahal, keberadaan bahan bacaan sangat memengaruhi minat dan kemajuan dalam pembelajaran. Untuki memenuhi kebutuhan tersebut, buku ini dihadirkan untuk menambah khasanah sastra siswa. Agar siswa lebih tertarik dengan sastra, dalam b uku ini juga dihadirkan kegiatan praktik berupa umpan balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar