Minggu, 21 Desember 2014

Resensi Buku

FISIKA KELAS XI

Judul Buku               : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI
Pengarang                : Sugeng Yuli Irianto dan Wasis
Penerbit                   : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tebal Buku               : i + ii + iii + iv + v + vi + vii + viii + 274
          Saat ini kita hidup dalam abad globalisasi dan teknologi informasi perubahan yang cepat dan dramatis dalam bidang ini merupakan fakta dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu yang dimiliki adalah kemampuan di era Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Karena, IPA merupakan salah satu kunci dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dan memasuki dunia teknologi, termasuk teknologi informasi.
          Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana untuk memudahkan mempelajari konsep, prinsip, hukum dan teori IPA serta keterkaitannya dan penerapannya. Pada awal setiap bab diberikan peta konsep dan kata kunci untuk memudahkan dalam memahami dan mengingat kata-kata penting dalam bab tersebut.
          Buku ini juga dilengkapi dengan latihan soal untuk mereview pemahaman tentang materi yang telah dipelajari. Dalam kegiatan laboratorium akan belajar mengembangkan kemampuan ilmiah. Selain itu, akan menemukan info-info sains untuk menunjang pengetahuan sehingga dapat mengembangkan kemampuan intelektual.
          Hadirnya buku ini, dapat disajikan sebagai bahan ajaran yang dapat membantu meningkatkan wawasan yang lebih luas lagi. Buku ini sangat layak untuk membantu para siswa SMP, khususnya kelas XI dan guru yang membimbing mengenai pelajaran fisika.
          Didalam buku IPA ini, terdapat macam-macam materi yang disampaikan. Selain itu, buku ini terdapat dua pelajaran yaitu IPA Fisika dan IPA Biologi, yang terbagi bab I sampai bab V Biologi dan sisanya adalah Fisika dari bab VI sampai bab X. Pada bab VI mempelajari mengenai Gaya. Pada bab VII mempelajari mengenai Energi dan Usaha. Pada bab VIII mempelajari mengenai Tekanan. Pada bab IX mempelajari mengenai Getaran dan Gelombang, dan pada bab terakhir mempelajari mengenai Cahaya.
          Pada Bab VI menjelaskan mengenai Gaya. Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang bekerja pada benda. Gaya merupakan besaran vektor yang mempunyai nilai (besar) dan arah. Gaya terbagi dua yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya akibat sentuhan pada permukaan benda sedangkan gaya tak sentuh yaitu gaya yang terjadi tanpa adanya sentuhan pada benda.
          Selain itu, gaya dapat diukur dengan menggunakan neraca pegas atau dynamometer. Satuan gaya dalam SI adalah newton yang disingkat N. Satuan ini dipakai untuk menghormati tokoh fisika yang berkebangsaan Inggris yaitu Sir Isaac Newton.
          Pada Bab VII menjelaskan mengenai Energi dan Usaha. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Bentuk-bentuk energi antara lain energi kimia, energi listrik, energi panas dan energi nuklir. Tidak semua energi dapat langsung digunakan, sehingga pemanfaatan energi tidak menggunakan konsep perubahan energi. Selain pengertian energi, adapun pengertian energi mekanik yaitu energi yang dimiliki suatu benda berkaitan dengan gerak. Energi mekanik terdiri dari energi potensial dan energi kinetik.
          Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan, melainkan hanya dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lain. Usaha adalah perkalian antara gaya yang bekerja dengan besarnya perpindahan.
          Pada Bab VIII menjelaskan mengenai Tekanan. Tekanan adalah gaya yang bekerja pada permukaan tiap satuan luasnya. Tekanan terbagi tiga, yaitu tekanan pada zat padat, zat cair dan zat gas atau udara. Dalam bab tekanan, ada seorang tokoh ilmuwan yang telah berhasil menemukan hukum Archimedes yang secara tidak sengaja yaitu Archimedes dari Syracusa. Archimedes adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyur berbangsa Romawi.
          Selain hukum Archimedes ada juga hukum Pascal yang ditemukan oleh seorang tokoh ilmuwan fisika yaitu Blaise Pascal, yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruangan tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.
          Pada Bab IX menjelaskan mengenai Getaran dan Gelombang. Getaran adalah gerak bolak-balik pada titik kesetimbangan. Getaran juga dapat dilihat pada pegas yang diberi beban, kemudian diberi simpangan dan dibiarkan bergerak bolak-balik disekitar titik kesetimbangannya.
          Gelombang adalah getaran yang merambat melalui suatu medium. Berdasarkan medium perambatannya dibedakan menjadi dua macam yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Selain berdasarkan medium perambatannya ada juga berdasarkan arah rambat dan getarannya gelombang yang dibedakan menjadi dua bagian yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
          Pada Bab X menjelaskan mengenai Cahaya. Arah perambatan cahaya yaitu merambat lurus ke segala arah, karena memiliki cepat rambat diruang hampa. Cahaya juga merambat dalam bentuk gelombang, yaitu gelombang elektromagnetik. Berdasarkan pekat tidaknya suatu bayangan, bayangan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu bayangan umbra dan bayangan penumbra.
          Selain arah perambatan cahaya, ada juga pemantulan cahaya yang dibagi menjadi 3 macam yaitu :
·         Pemantulan cahaya pada cermin datar yang bersifat bening dan rata.
·         Pemantulan cahaya pada cermin cekung yang bersifat konvergen atau mengumpulkan cahaya.
·         Pemantulan cahaya pada cermin cembung yang bersifat divergen atau menyebarkan cahaya.
Buku Ilmu Pengetahuan Alam yang dikarangi oleh Sugeng Yuli Irianto dan Wasis penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional sangatlah bermanfaat dan mendukung bagi kecerdasan pada siswa-siswi SMP kelas XI dan juga yang lainnya. Selain bahasanya yang mudah dipahami dan dimengerti, adapun dalam buku ini disusun dengan sistematika yang unik, sehingga mempermudah dalam mempelajari materi yang disajikan. Namun, ada juga mengenai info sains kurang lengkap. Selain itu ada juga tidak ada pengertian yang lebih secara detil hanya pengertian yang umum saja tidak secara khusus dan lebih baiknya buku Ilmu Pengetahuan Alam ini dipisahkan antara pelajaran Biologi dan Fisika agar tidak tertukar satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar